Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan Digital Terhadap Etiket Digital dan motivasi Belajar Siswa

Dalam beberapa tahun terakhir
teknologi berkembang pesat bahkan hingga saat ini, salah satunya adalah
internet. Internet memainkan peran utama dalam kehidupan banyak orang.
Misalnya, pada anak-anak dan remaja sekarang dapat dengan mudah mengakses
informasi dan berkomunikasi melalui ponsel, tablet, atau komputer. Kemajuan
terknologi ini bisa menjadi pendorong bagi lingkungan pembelajaran siswa dalam
etiket digital dan motivasi belajar. Seperti terciptanya media dan cara-cara
pembelajaran baru. Istilah “digital natives” mengacu pada individu yang lahir
di era digital yang sangat bergantung pada Internet untuk mendapatkan informasi
dan interaksi.
Pembelajaran berbasis permainan digital merupakan salah satu media teknologi yang digunakan untuk menarik perhatian siswa dan mengatasi rasa bosan siswa dalam pembelajaran. Pendekatan dengan cara ini dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kinerja di kalangan siswa. Lalu bagaimana pengaruhnya terhadap etiket digital dan motivasi belajar bagi siswa?
Motivasi belajar
Dari
data penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penggunaan permainan digital dalam
pendidikan bisa lebih efektif dibandingkan strategi berbasis ceramah
konvensional. Media ini dipandang berguna dalam memfasilitasi pembelajaran untuk
memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa. Pembelajaran
berbasis permainan digital ini adalah strategi pembelajaran yang menggabungkan
permainan digital dan desain pendidikan.
Strategi pembelajaran
ini menghasilkan situasi belajar yang mendorong siswa untuk membangun pengetahuannya
sendiri dan memecahkan masalah otentik yang dapat membantu siswa mendapatkan
pengalaman dan membuat keputusan yang tepat ketika bermain game digital.
Misalnya, Dele-Ajayi, Strachan, Pickard dan Sanderson menemukan bahwa
menggunakan permainan SpeedyRocket dalam kursus matematika meningkatkan
pemahaman siswa tentang konsep-konsep kompleks dan keterlibatan belajar mereka.
Etiket digital
Sementara
itu dalam etiket digital dapat membantu para siswa untuk berkomunikasi online
dengan baik dan menjadi warga digital yang bertanggung jawab. Pengajaran harus
membahas pedoman perilaku di Internet, menghormati orang lain, dan belajar
bagaimana mengekspresikan diri dengan benar. Siswa juga harus diajari bahwa
setiap orang akan mempunyai pendapat berbeda; Meski begitu, individu harus
berinteraksi dengan sopan.
Tujuan pendidikan
etiket digital ini adalah untuk melatih siswa menjadi warga digital yang
berkualitas. Upaya ini merupakan bentuk pendidikan karakter di era digital.
Individu yang memiliki literasi digital siap untuk mengelola isu-isu seperti
cyberbullying, keamanan siber, dan jejak digital. Oleh karena itu, etiket digital harus diprioritaskan ketika mendidik generasi muda.
Kesimpulan
Pendidikan
yang relevan dan memadai mengharuskan siswa untuk mengenali peluang dan ancaman
yang terkait dengan dunia digital dan memahami hak dan tanggung jawab mereka
secara online. Ketika siswa menggunakan kata-kata sopan di platform media
sosial dan belajar bagaimana menghadapi kekerasan verbal dalam game online
dengan menggunakan media yang mendukung, mereka tidak hanya meningkatkan
kesadaran etiket digital, tetapi juga mengembangkan perilaku online yang baik.
Oleh karena itu, anak-anak dan remaja harus diajarkan pendidikan etiket digital
dan memotivasi mereka dari sejak usia dini, agar menyadari kewajiban dan
tanggung jawabnya.
Oleh Risma Ais Idahsari
https://plb.fip.unesa.ac.id/
Komentar
Posting Komentar